10 Hal yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Jam Tangan

10 Hal yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Jam Tangan

Apa hal yang pertama muncul saat anda ingin membeli jam tangan ? Mulai dari segi design, harga, sampai kepada brand dari jam tangan itu sendiri mungkin menjadi serentetan indikator yang sering kali menjadi kriteria utama dari para konsumen sebelum membeli jam tangan.

Setidaknya, terdapat 10 point penting yang mungkin masih sering kali dilupakan tetapi dapat memberikan manfaat lebih di kemudian hari. Untuk itu, berikut pembahasannya :

1.     Jenis Kaca

Salah satu komponen jam tangan yang satu ini sampai saat ini masih dapat dibilang sebagai take it for granted. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa komponen kaca atau lensa jam tangan merupakan salah satu bagian jam tangan penting yang paling sering terbentur saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini, ada 3 jenis kaca yang paling sering digunakan oleh para manufaktur jam tangan untuk memproduksi lini produk jam tangan mereka, yaitu mineral glass dan sapphire crystal replica.

 Masing-masing jenis kaca mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Pertama, jenis sapphire crystal adalah jenis yang tidak mudah untuk tergores, dan lebih awet sehingga permukaan kaca jam tangan selalu terlihat rapi dan baru apa bila dibandingkan dengan mineral glass yang sangat mudah tergores sehingga bekas goresan halus sangat mudah terlihat. Tetapi, mineral glass sendiri tidak mudah pecah apabila terbentur dengan benda yang keras, berbeda dengan sapphire crystal yang lebih mudah pecah apabila terbentur. Salah satu contoh jam tangan yang masih menggunakan mineral glass adalah serian Daniel Wellington.

Selanjutnya, jenis hardlex adalah salah satu jenis kaca yang pertama kali dikembangkan oleh Seiko. Secara garis besar, hardlex adalah jenis mineral glass yang sudah diproses lebih lanjut, sehingga mempunyai tingkat kekerasan yang lebih keras dari pada mineral glass pada umumnya, tetapi masih dibawah sapphire crystal. Sehingga bisa dikatakan, hardlex adalah jenis kaca yang berada diantara mineral glass dan sapphire crystal. Salah satu jam tangan yang menggunakan kaca hardlex antara lain adalah Seiko sbdx001.

Tetapi bagaimanapun juga, penggunaan sapphire crystal masih lebih dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan mineral glass. Salah satu contoh jam tangan yang memakai sapphire crystal antara lain adalahserian Seiko SBDX 014.

Selain dari segi harga dimana sapphire cristal identic dengan jam tangan mewah karena memang biaya pembuatan sapphire crystal lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mineral glass. Jenis sapphire crystal ini dapat membuat jam tangan terlihat lebih awet.

 2.   Bahan Jam Tangan

Sampai saat ini, bahan yang paling sering digunakan untuk membuat jam tangan tak lain adalah bahan yang terbuat dari Metal atau logam, seperti Stainless Steel. Patut diperhatikan, jam tangan yang baik sudah semestinya memiliki bahan dasar berupa campuran logam yang kokoh dan kuat. Pastikan bahwa jenis logam atau besi yang digunakan bukanlah besi hollow atau campuran, melainkan besi yang padat. Salah satu indikator yang paling mudah digunakan adalah dengan menimbang berat dari bracelet, atau watch casenya sendiri. Di mana jenis besi yang padat pasti lebih berat apabila dibandingkan dengan besi yang terbuat dari logam campuran.

Lebih jauh, apabila jam tangan tersebut terbuat dari stainless steel, pastikan jenis stainless steel yang digunakan. Jam tangan yang baik setidaknya menggunakan jenis 316L, jenis stainless steel yang cukup umum ditemukan dipasaran. Untuk jam tangan mewah yang didominasi oleh pasar swiss made seperti Rolex dan Phatek Philippe, jenis jam ini memakai logam 904L yang lebih padat dan berkualitas tinggi.

3.   Jenis Movement

Movement atau jenis mesin yang digunakan pastilah merupakan jantung utama dari sebuah jam tangan. Sampai saat ini, industry manufaktur jam tangan terbesar masih didominasi oleh negara Swiss dan Jepang. Quartz movement atau jenis mesin yang menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak utama sendiri, merupakan jenis movement yang paling sering digunakan dan diproduksi secara mass production. Beberapa jenis brand movement yang sudah merupakan jaminan antara lain adalah Ronda, dan ETA yang berasal dari swiss. Sedangkan lini produk pabrikan dari Jepang antara lain Citizen atau Miyota, Casio dan Seiko.

Yang paling utama dalam pemilihan movement adalah, hindari movement yang berasal dari china, yaitu movement yang tidak menggunakan brand sama sekali. Although, beberapa movement dari Jepang, seperti Miyota sendiri memang dirakit di China atau hong kong. Brand-brand ini sudah sangat banyak berada di pasaran dan sudah terjamin kualitasnya sampai saat ini.

4.    Brand

Pastikan jam tangan yang anda minati memiliki brand atau manufaktur yang jelas. Sebagai contoh, beberapa brand atau sub-brand yang sudah sangat laku dipasaran, seperti TISSOT yang berasal dari Swiss dan sebagainya. Karena sampai saat ini masih banyak jam tangan yang mungkin memiliki design yang bagus, yang seringkali terlihat fashionable dengan harga miring, tetapi tidak memiliki sisi fungsional yang baik. Pastikan semua fitur dan komponen utama yang dimiliki jam tangan itu berfungsi dengan baik, seperti fitur tanggal, fitur chronograph, komponen crown pemutar mesin, dan sebagainya.

5. Locking Deployant

Untuk jenis jam tangan yang memakai metal bracelet, pastikan locking deployant clasp atau pengait yang berbentuk gigi ini memiliki konstruksi design yang jelas dan tidak ringkih. Karena komponen ini merupakan komponen yang paling krusial karena paling sering dibuka-tutup setiap harinya. Pilihan yang terbaik adalah, memilih jam tangan yang setidaknya menggunakan model double lock seperti gambar diatas. Dimana pengait jam tangan terdiri dari 2 bagian sehingga lebih kokoh dan awet untuk jangka waktu yang panjang.

6. Berat

Sebagian orang mungkin menyukai jam tangan yang memiliki berat ringan, seperti varian produk dari Daniel Wellington dan sebagainya. Tetapi alangkah baiknya, untuk menimbang kembali factor yang satu ini. Jam tangan yang berkualitas baik, justru seringkali terasa berat khususnya di bagian watch case dan braceletnya sendiri. Hal ini dikarenakan bahan stainless steel yang baik terbuat dari logam murni yang memiliki berat yang pas. Berbeda dengan besi campuran atau hollow, yang mungkin memang terasa lebih ringan. Hal ini dikarenakan jenis besi yang satu ini tidaklah solid, sehingga kualitas besi ini dapat terlihat seiring dengan waktu. Untuk anda yang memang menyukai berat jam tangan yang ringan, solusi yang paling baik adalah memilih jam tangan yang terbuat dari bahan titanium yang cukup mahal, tetapi memiliki kualitas yang baik dengan berat yang ringan.

7. Logo Crown

Salah satu komponen mungil ini, juga patut diperhatikan. Crown atau sekrup pemutar utama sudah seharusnya memiliki logo yang terukir dengan rapi. Selain memang terlihat lebih keren, crown dapat menjadi indikasi utama apabila jam tangan tersebut memang merupakan barang original atau replica. Karen sampai saat ini seringkali para pemalsu jam tangan tidak terlalu memberikan perhatian yang mendetail terhadap komponen ini.

8. Lumination

Lumination sendiri merupakan fitur vital yang saat ini sudah menjadi standard utama dari jam tangan analog yang baik. Fitur yang satu ini sendiri, memiliki kelebihan untuk memberikan pencahayaan yang cukup saat penggunanya berada di tempat yang gelap. Lumination yang baik, setidaknya dapat dihasilkan dari lapisan coating yang terbuat dari bahan fosfor bewarna hijau. Mungkin fitur yang satu ini seringkali dilupakan bahkan masih ada sebagian besar pengguna jam tangan yang tidak terlalu mengetahui soal fitur ini. Tetapi, bagaimanapun juga, untuk jam tangan analog, lapisan fosfor yang baik dapat sangat membantu penggunanya di waktu tertentu.

9. Harga yang konsisten

Harga yang konsisten, merupakan salah satu indikator utama apakah jam tangan tersebut memang diminati oleh pasar atau tidak. Jam tangan yang baik seharusnya tidak memiliki apa yang disebut dengan gap-pricing atau perbedaan harga yang mencolok. Salah satu jam tangan yang memiliki harga yang konsisten adalah Casio. Sebagian besar lini produk Casio memiliki harga yang konsisten, Mulai dari penjualan secara online via online shop tertentu, retail resmi dari Casio sendiri, maupun toko jam tangan konvensional biasa, lini produk jam tangan Casio tidak memiliki perbedaan harga yang terlalu mencolok. Hal ini disebabkan karena manufaktur industry Casio sendiri yang memang sudah stabil dan jelas, sehingga brand ini bisa memiliki harga yang konsisten di sepanjang waktu.

10. Konstruksi Jam Tangan Keseluruhan

Keseluruhan konstruksi atau komponen dari jam tangan harus serba fit dan pas saat digunakan. Cek bagian lug atau lubang strap, apakah strap yang digunakan memang fit dengan body case dari jam tangan itu sendiri. Apabila jam tangan tersebut menggunakan model bracelet yang terbuat dari stainless steel, pastikan apakah buckle/ clasp atau pengait dari jam tangan tersebut ter design dengan rapi dan smooth. Jam tangan yang baik memiliki semua komponen yang serba fit sehingga nyaman digunakan.


Post comments